Cara merawat polip di gigi

TM Info Penanya: TM
Dokter saya ingin bertanya.. Saya baru kemarin cabut gigi.. Tapi akhirnya giginya di biarkan begitu saja.. Faktor ga jadi di cabutnya itu gara gara ada polip yang lumayan besar.. Jadi gigi kanan saya ga jadi di cabut.. Cuma seperti pergeseran gigi.. Saya hanya di beri obat2an diminum 3kali sehari.. Rasanya pusing ,gusi bengkak, rahang terasa pegal, sakit di jalur rahang yang mau ke telinga.. Saya harus seperti apa ya dok.. Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TM

Pencabutan gigi yang disertai dengan polip pulpa, masuk ke dalam prosedur pencabutan dengan penyulit. Polip bisa muncul akibat adanya peradangan pada saraf gigi dan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat, terutama saat pencabutan. Pemberian obat yang dilakukan oleh dokter gigi Anda, mungkin bertujuan untuk meredakan peradangan dan infeksi pada saraf terlebih dahulu, agar pada proses pencabutan selanjutnya, polip telah mengecil.

Untuk saat ini, lebih baik Anda menghabiskan dahulu obat-obatan yang diberikan oleh dokter, guna mendapatkan khasiatnya secara penuh. Terutama, jika Anda diberikan obat antibiotik. Apabila rasa nyeri yang dirasakan sudah tidak tertahankan, Anda sebaiknya kembali menghubungi dokter gigi, untuk diberikan obat dengan dosis lebih tinggi, atau menjalani pencabutan kedua, dengan prosedur yang disesuaikan sekaligus dengan pengangkatan polip.

Perlu diingat, obat hanya digunakan untuk meredakan infeksi yang sedang terjadi. Agar polip bisa benar-benar hilang, maka diperlukan pencabutan gigi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika cara menggosok gigi yang benar tidak dilakukan, maka mulut tidak akan bersih dengan sempurna

Mulut Bersih Maksimal dengan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Sudah rajin sikat gigi, tapi mulut masih bau, dan gigi tetap berlubang? Bisa saja, Anda belum mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar. Arah gosok gigi yang salah, bahkan bisa membuat gigi Anda terasa sakit atau ngilu.