Cara merapikan gigi selain dengan behel?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 5 Tahun
Hi dok bagaimana cara merapikan gigi selain dengan behel?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Untuk merapikan gigi selain dengan behel, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan dengan estetika lebih baik. Sesuai dengan perkembangan teknologi dan perawatan ortodonti, secara penampilan lebih tersamar daripada menggunakan behel konvensional.

Yang pertama adalah invisalign yaitu suatu set penutup gigi yang terbuat dari plastik. Dan dapat meluruskan dan merapikan gigi. Namun perlu dilepas setiap Anda makan dan minum. Selama masa perawatan kurang lebih setahun, setiap dua minggu diganti mengikuti perkembangan gigi anda.

Yang kedua adalah behel yang dipasang di belakang gigi. Fokusnya terhadap 6 gigi utama dan karena letaknya dibelakang gigi serta dekat dengan lidah kadang terasa kurang nyaman bagi yang menggunakannya.

Ada juga behel yang terbuat dari keramik dengan warna yang menyerupai gigi Anda sehingga tersamar dari yang melihatnya. Namun perlu perhatian lebih dalam membersihkannya dan dapat timbul noda dari beberapa makanan atau minuman seperti kopi, anggur merah atau blueberry.

Kemudian ada juga perawatan gigi kosmetik menggunakan veneers yang terbuat dari porselen. Dengan cara ditempel pada bagian depan gigi yang sudah rusak, berwarna atau patah. Tahan terhadap noda dan menempel dengan kuat pada gigi. Prosesnya memerlukan tindakan pengikisan lapisan enamel tiap gigi dan harus diganti setiap 5-10 tahun.

Tiap tindakan ada kelebihan dan kekurangannya serta beban biayanya masing-masing. Pastikan Anda diskusi lebih lanjut dengan Dokter Gigi Anda terhadap pilihan terapi selain behel. Saya lampirkan artikel mengenai Proses Pemasangan Veneer Gigi dari Awal Hingga Selesai untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain pasta gigi untuk gigi sensitif, Anda dapat menggunakan soda kue untuk mengatasi gigi sensitif

5 Tips Memilih Pasta Gigi Sensitif agar Tidak Salah Pilih

Gigi sensitif terjadi ketika mengonsumsi mimunan panas atau dingin, asam ataupun manis. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada enamel gigi Anda. Penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif menjadi solusi untuk mengatasi nyeri yang terjadi. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan kalium nitrat karena keduanya dapat meredakan gigi sensitif. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti soda kue untuk mengatasi gigi sensitif.