Cara merapikan gigi gingsul, apa harus menggunakan kawat gigi?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 23 Tahun
Hello dok selamat pagi.. saya mau bertanya, gigi saya ada gingsulnya di bagian atas. Apakah saya harus menggunakan behel atau kawat gigi untuk merapihkannya? Dan proses perapihannya butuh waktu berapa lama dok?Apakah ada cara lain yang lebih cepat untuk merapihkan gigi gingsul saya ini dok?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Gigi gingsul dan tidak rapih dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • ukuran gigi besar
  • tempat tumbuh gigi sempit
  • faktor keturunan
  • Penyebab lain

Menggunakan behel/ kawat gigi merupakan salah satu cara paling umum yang dapat dilakukan untuk merapikan gigi. Umumnya pemakaian kawat gigi, lamanya ditentukan oleh gigi mana saja yang harus dirapikan agar terlihat rapih dan berfungsi dengan baik. Waktunya biasaya bertahun-tahun tergantung kasusnya.

Pemeriksaan dan konsultasi gigi ke dokter spesialis orthodentis perlu dilakukan agar anda mendapatkan saran mengenai bagaimana cara agar bentuk gigi bisa bagus secara aesthetic maupun fungsinya. Cara lain untuk merapikan gigi juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dr. spesialis orthodentis, karena untuk merapikannya dan menentukan diagnosis dokter gigi minimal harus melakukan pemeriksaan gigi dan rontgent gigi, untuk menentukan treatment yang sesuai dengan anda.

 

Salam Sehat,

dr. Patricia Oktaviani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.