22 Jun 2020, 22:35Penyakit Lainnya

Cara menyimpan susu evaporasi

BT
Info Penanya: BT0
Dokter, apakah menyimpan susu evaporasi sama dengan menyimpan susu biasa? Mohon infonya ya dok, aku takut banget basi. Terima kasih.
24819 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam BT,Susu evaporasi adalah olahan atau produk susu yang sudah dikurangi kandungan air nya tetapi tidak diberi tambahan gula, berbeda dengan susu kental manis. Perbedaan susu biasa dengan susu evaporasi adalah dari kandungan air yang hanya tersisa 40% saja sehingga bentuknya yang lebih kental seperti krimer atau seperti kental manis tapi tanpa kandungan gula.Kandungan susu evaporasi sendiri sama dengan kandungan susu yaitu:
  • Kaya protein
  • Mengandung kalsium
  • Mengandung lemak
  • Kandungan nutrisi lainnya
Susu evaporasi sendiri perlu disimpan pada kemasan yang baik dan pada suhu yang rendah karena lebih mudah rusak jika berada di suhu yang panas. Apabila sudah dibuka dan disimpan di dalam kulkas bisa bertahan selama 3-4 hari atau jika di freezer dengan suhu 10-15 derajat dapat bertahan kurang lebih selama 5-6 hari.Penyimpanannya sendiri perlu disimpan di kemasan tertutup dan bersih sehingga tidak terkontaminasi bakteri atau mikroorganisme lain yang membuat susu evaporasi menjadi lebih mudah rusak. Apabila di kulkas ada baiknya disimpan di area yang suhunya stabil seperti dibagian dalam kulkas dibandingkan di pintu kulkas yang suhunya lebih berubah-ubah karena seringnya kulkas di buka dan tutup.Apabila dirasa susu berubah warna, menimbulkan aroma yang berbeda, terjadi perubahan rasa maka dapat menandakan susu sudah mengalami kerusakan dan sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
nutrisitips kesehatansusu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil