Bagaimana cara menyembuhkan TB paru & TB kelenjar?

SS Info Penanya: SS
Hallo dok, izin bertanya, saya sedang menjalankan pengobatan tb paru sudah 4 bulan dan di leher terdapat tb kelenjar, apakah ada cara lain selain operasi untuk kesembuhan kelenjar saya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, SS

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tuberkulosis (TB) penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosa, yang sering menyerang paru-paru dan kelenjar getah bening. Gejala yang muncul pada TB kelenjar pada umumnya muncul benjolan dileher bagian depan, tepatnya di bawah rahang (benjolan tersebut pada awalnya kecil dan tidak terasa sakit, namun lama-lama akan membesar dan kulit sekitarnya mejadi kemerahan, terkadang nyeri dan juga sakit pada area munculnya benjolan, demam dan batuk).

Diagnosis dari TB Kelenjar :

  1. Aspirasi jarum
  2. Biopsi kelenjar getah bening
  3. Tes Kulit Tuberkulin

Pengobatan TB Kelenjar :

  1. Obat-obatan TB
    Isoniazid, Rifampicin, Pyrazinamide dan Ethambutol. Pengobatan umumnya berlangsung 6 bulan atau lebih.
  2. Operasi
    Operasi untuk mengatasi TB kelenjar getah bening umumnya dilakukan ketika pengobatan sudah tidak bekerja dan bakteri menjadi semakin resisten terhadap obat-obatan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir, jika dengan obat-obatan TB Kelenjar Anda sudah menunjukan perubahan, Anda tidak perlu dilakukan operasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter spesialis paru untuk mencari solusi terbaik kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

virus penyebab pneumonia

Di Samping Virus Corona, Ini Virus Lain Penyebab Pneumonia

Virus corona diketahui dapat menjadi penyebab pneumonia jika tidak segera ditangani. Namun, tahukah Anda kalau virus SARS dan MERS juga dapat memicu pneumonia? Komplikasi berupa pneumonia dapat muncul ketika penderita SARS dan MERS tidak segera ditangani.