Cara menyembuhkan penyakit gula?

A2 Info Penanya: A2, Pria, 2019 Tahun
Bagaimana cara menyembuhkan penyakit gula?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Perlu diketahui bahwa penyakit gula atau disebut diabetes mellitus adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan tetapi kita dapat mencegah terjadi nya perburukan dan dapat terkontrol dengan baik.

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit yang disebabkan karena gangguan kerja insulin di dalam tubuh sehingga mempengaruhi metabolisme karbonhidrat, lemak dan protein. Menurut PERKENI atau ADA (American Diabetes Association), diabetes mellitus adalah:

1. Jika kadar gula sewaktu lebih atau sama dengan 200 mg/dl.

2. Jika kadar gula puasa lebih atau sama dengan dengan 126 mg/dl.

3. Jika kadar gula darah lebih atau sama dengan 200mg/dl pada 2 jam setelah makan dengan beban glukosa 75 gram pada pemeriksaan tes toleransu glukosa.

Kadar glukosa di dalam darah dapat meningkat secara berlebihan karena terjadi kerkurangan atau kerusakan dari hormon insulin atau gangguan pada pankreas yang berakibat glukosa tetap beredar di dalam pembuluh darah dan tidak dapat menembus dinding sel. Pada normalnya insulin berfungsi untuk membantu keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Diabetes mellitua dikategorikan menjadi 2 yaitu tipe 1 dan 2. Tipe 1 terjadi karena kuranganya produksi insulin oleh pankreas, sedangkan tipe 2 terjadi karena produksi insulin sudah cukup tetapi tubuh tidak dapat menggunakan secara efektif.  

Faktor resiko terjadi diabetes mellitus adalah:

  1. Faktor keturunan
  2. Pola makan
  3. Stres
  4. Infeksi
  5. Mengkonsumsi obat-obat tertentu

Gejala diabetes adalah pasien sering merasa haus, sering buang kecil terutama saat malam hari, sering merasa lapar, berat badan turun tanpa sebab, berkurang nya masa otot dan terdapat keton dalam urin. 

Cara untuk mengontrol diabetes mellitus adalah:

  1. Atur pola makan. Pola makan untuk menghindari konsumsi glukosa yang berlebihan. Disarankan memperbanyak buah, sayur, protein, dan biji-bijian dan mengurangi makan berlemak.
  2. Olahraga rutin 10-30 menit perhari untuk mengurangi kadar gula darah.
  3.  Menjaga berat badan tetap ideal.
  4. Minum obat teratur dan rutin mengecek kadar gula darah per 1 bulan sekali. Jika Anda mempunyai alat glukometer, akan lebih baik rutin cek gula darah Anda tiap hari.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan kadar gula darah dengan melakukan pengecekan secara rutin menjadi langkah preventif diabetes

Pria Lebih Rentan Terhadap Penyebab Diabetes, Ini Penjelasannya

Pria cenderung lebih sensitif terhadap insulin dibandingkan dengan wanita. Salah satu penyebab diabetes pada pria adalah obesitas. Pengendalian berat badan dan gaya hidup sehat sebagai langkah untuk menghindari diabetes.