Cara menyembuhkan kuku kaki yang cantengan?

ES Info Penanya: ES, Pria, 19 Tahun
Halo dok! Saya mau tanya bagaimana cara menyembuhkan kuku kaki yg cantengan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ES

Cantengan atau infeksi pada kuku dalam bahasa medis disebut paronychia. Infeksi bisa akibat bakteri atau jamur dan bisa akibat kebiasaan menggigit kuku atau memotong kuku terlalu pendek.

Infeksi bisa masuk karena kulit dan lapisannya sudah rusak akibat mengigit kuku, menghisap jari, zat kimia seperti detergen atau sabun cuci piring. Pada kasus yang sering berulang biasanya disertai infeksi oleh jamur. Kondisi klinis seperti diabetes juga dapat mengakibatkan cantengan lebih sulit sembuh.

Cara mengatasinya dengan menemui dokter terutama bila sudah ada tanda radang seperti kulit membengkak, kemerahan dan disertai nanah. Nanah perlu dikeluarkan agar infeksinya dapat sembuh. Tindakan mengeluarkan nanah dilakukan dengan steril agar tidak mengakibatkan infeksi tambahan.

Cara mencegahnya dengan :

  • menghindari kebiasaan menggigit kuku
  • menggunakan sarung tangan karet saat melakukan kegiatan yang melibatkan paparan air dan bahan kimia pada tangan
  • melakukan cuci tangan secara rutin

Kuku Cantengan Sungguh Menyiksa, Begini Cara Mencegah dan Mengatasinya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala cantengan adalah pembengkakan pada jari.

Kuku Terasa Sakit Sekali, Bagaimana Cara Mengobati Cantengan?

Cantengan merupakan sebuah kondisi di mana terjadi infeksi pada kuku. Gejala awal cantengan ditandai dengan kemerahan dan bengkak di sekitar kuku. Penyebab umum cantengan adalah pemotongan kuku yang terlalu pendek. Jika Anda mengalami cantengan, segera rendam jari yang terinfeksi ke dalam air hangat. Lakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami demam dan menggigil.