Cara menurunkan berat badan untuk kasus obesitas sejak kecil

D Info Penanya: D, Wanita, 34 Tahun
Selamat pagi Dokter,Sejak kecil saya telah mengalami obesitas atau berat badan berlebihan, mohon tipsnya bagaimana ya cara menurunkan berat badan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu D,

Memiliki berat badan ideal penting untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri. Untuk Ibu sesuai tinggi badan, maka berat badan ideal adalah sekitar 45 kg. Sehingga menjadi tantangan Ibu untuk menghilangkan sekitar 39 kg darikelebihan berat saat ini.

Diet ekstrim dan penggunaan obat untuk menekan napsu makan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kerusakan organ vital bahkan kematian akibat gagal ginjal dan serangan jantung. Oleh sebab itu penurunan berat badan yang disarankan adalah maksimal 2 kg dalam seminggu.

Diperlukan komitemen dari Ibu untuk memulai program penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan tetap ideal untuk seumur hidup. Pikirkan bahwa hal ini adalah untuk kesehatan dan kepentingan Ibu sendiri, sehingga membangkitkan semangat .

 

Cara sederhana untuk menurunkan berat badan adalah antara lain :

  • Sarapan pagi sehat sangat penting untuk tubuh, contohnya oatmeal dan secangkir kopi pahit
  • Makan siang dengan panduan diet seimbang
  • Hindari ngemil, ganti dengan minum air putih ditambah perasan lemon atau buah potong
  • Batasi konsumsi karbohidrat, perbanyak sayur dan buah
  • Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi kecil
  • Minum air putih sehari minimal 2 liter sebanding dengan 8 Gelas.
  • Makan sebelum merasa lapar dan stop makan sebelum kenyang, adalah panduan yang bijaksana
  • Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non-fat/susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium.
  • Lakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara berpuasa, untuk membuang racun dari tubuh
  • Hindari semua minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  • Kunyah makanan secara perlahandan jangan makan secara terburu – buru.
  • Sebelum makan,  minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah yang akan menimbulkan efek penuh pada lambung sehingga saat makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.
  • Janganlah memakai makanan sebagai hadiah untuk diri sendiri atau sebagai pelarian seperti makan untuk perayaan, makan saat sedih dan makan saat stress.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh, dengan cara beraktifitas rutin seperti berjalan kaki, joging dan berolah raga.

Sebaiknya dimulai dari sekarang untuk menurunkan berat badan karena di usia muda saat  laju metabolisme tubuh masih tinggi dan baik, kemungkinan memperoleh berat badan yang ideal masih sangat mungkin. Hal ini akan semakin sulit bila sudah mencapai usia lebih dari 30 tahun.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan beristirahat minimal 7 jam sehari, tubuh Anda akan merasakan efek positif dari tidur.

Inilah Manfaat Tidur untuk Tubuh, yang Sering Diabaikan

Tidur memiliki manfaat dalam menjaga berat badan. Sementara itu, kurang tidur juga memiliki pengaruh buruk bagi berat badan Anda, termasuk meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung.