13 Sep 2021, 17:07Kandungan

Bagaimana cara untuk menunda kehamilan?

IG
Info Penanya: IG0
Dokter bagaimana tips cara berhubungan agar tidak hamil ya dok, saya berencana menunda kehamilan dok Apa aja yang harus diperhatikan dok,???
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan adalah kabar yang sangat ditunggu oleh pasangan suami istri yang merencanakan kehamilan diawal.  Kehamilan itu sendiri dimulai sesaat setelah sel telur mengalami pembuahan oleh sperma lalu akan melakukan proses perlekatan pada dinding rahim serta kemudian berkembang menjadi janin.  Pada beberapa pasangan suami istri yang menunda kehamilan maka memerlukan kontrasepsi sebagai cara mencegah adanya kehamilan. 

Yang perlu diperhatikan dalam menunda kehamilan :

  • Jika pakai KB kondom pastikan penggunaan benar dan tidak ada kebocoran. 
  • Untuk KB jenis lain 7 hari pertama sebaiknya tunda dulu aktivitas seksual agar KB dapat bekerja dengan optimal. 
  • Pil KB dan suntik KB adalah KB yang membutuhkan kedisiplinan dalam konsumsi ataupun jadwal suntik agar efektif mencegah kehamilan. 
  • Tidak ada kontrasepsi yang 100% mencegah kehamilan, tetap ada potensi 1-2% untuk itu selalu pastikan hubungan disaat tidak dalam masa subur agar semakin menurunkan potensi kehamilan.  
Jadi jika anda pasangan suami istri yang sedang menunda kehamilan maka sebaiknya segera ke puskesmas atau periksa langsung ke dokter spesialis kandungan untuk pemilihan kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Istri.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil