Cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak

S Info Penanya: S, Pria, 43 Tahun
Halo Dok,Saya ingin bertanya, bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri dan sering ragu?Mohon pencerahannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak S,

Sifat ragu dalam mengambil keputusan bukan melulu dialami oleh anak – anak. Orang dewasa juga sering berada dalam kondisi ragu bila dihadapkan dengan suatu kondisi.

Sayang sekali Bapak tidak menguraikan lebih lanjut pertanyaan ini seperti saat ini umur anak berapa, sering ragu dalam kondisi apa, apakah sebelumnya ada peristiwa tertentu yang mencetuskan keraguan si Anak dll.

Anak yang tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri dan berkepribadian kuat adalah impian setiap orang tua. Untuk membentuk kepribadian anak yang baik ini maka pendidikan selalu dimulai dari rumah. Kepercayaan diri anak akan berkembang sesuai dengan perkembangan umur dan pendidikan yang diterima. Anak yang lebih besar diharapkan sudah dapat memisahkan dan memilih antara yang baik dan yang buruk sesuai norma yang berlaku di masyarakat.

Beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mendidik anak memiliki kepribadian yang percaya diri adalah :

  1. Tanamkan rasa tanggung jawab dan beri kepercayaan kepada anak, tidak memaksakan kehendak orang tua secara otoriter dengan hanya memberikan perintah-perintah kepada anak untuk dituruti.
  2. Sebaiknya biarkan anak mengambil bagian dalam suatu keputusan bersama dalam keluarga dengan cara menyumbang ide dan masukan dari si Anak.
  3. Tidak membanding – bandingkan anak dengan teman atau saudaranya yang lain karena setiap anak memiliki keistimewaan sendiri.
  4. Tidak memarahi anak dan membentak secara berlebihan.
  5. Tidak menjuluki anak dengan julukan atau panggilan yang mengecilkan hatinya, sebaiknya sering-sering bangkitkan aura positif kepada anak.
  6. Beri pujian positif bila anak berperilaku baik dan tegur bila anak salah
  7. Latih anak mengambil keputusan kecil mulai dari rumah contohnya dalam memilih baju atau sepatu yang akan dipakai dan biarkan anak meng-ekspresikan dirinya sendiri.
  8. Tanamkan nilai-nilai luhur dan nilai atas keyakinan agama yang kuat sejak dalam keluarga.
  9. Didik anak menjadi anak yang memiliki citra diri dan harga diri yang positif.

Dan yang paling penting adalah jadilah contoh yang baik untuk anak-anak, karena anak-anak akan secara naluri mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tua mereka.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gaya belajar ternyata memengaruhi anak malas belajar

Anak Malas Belajar? Coba Telusuri Akar Permasalahannya

Anak malas belajar atau membaca buku dapat disebabkan oleh beberapa alasan, misalnya gaya belajar yang tidak sesuai dan bullying. Untuk mengatasinya, dukung dan dampingi anak agar bisa mengetahui gaya belajar yang efektif untuknya.