Cara mengurangi stress saat sedang banyak masalah.

DL Info Penanya: DL, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya mau nanyaBagaimana sih dok cara menghilangkan stress saat kita lagi byk masalah.Terimakasi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Stres bisa dirasakan pada semua orang, kapan saja dan dimana saja. Karena stres adalah sebuah reaksi tubuh pada situasi yang berbahaya oleh sesuatu yang nyata dan dirasakan. Pada saat stres tubuh memberi respon dengan menghasilkan zat kimia yang mengakibatkan perubahan pada tubuh seperti jantung berdebar, napas menjadi cepat, otot tegang dan tekanan darah meningkat.

Gejala yang timbul bisa berupa emosi seperti mudah gelisah, murung, frustasi, kewalahan, tidak atau bisa mengendalikan diri. Pikiran menjadi sulit ditenangkan dan anda bisa merasa kesepian, tidak berharga, menghindari orang lain dan sampai dengan depresi.

Gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, sakit dada, sulit tidur, sering flu, tidak ada gairah, tubuh berkeringat, gugup dan gemetar. Sehingga anda menjadi hilang semangat, sulit konsentrasi, suka menghakimi dan berpikiran negatif.

Pada jangka panjangnya perilaku akan berubah dari pola makan menjadi sedikit atau berlebihan. Gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol, rokok atau obat-obatan. Saya lampirkan tips dalam artikel mengenai 10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan3 Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja dan Ingin Menghilangkan Stres? Coba Lakukan 7 Pilihan Olahraga Ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.