Cara mengonsumsi kopi dengan baik

VS Info Penanya: VS, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam Dok..... Dok.....meminum secangkir kopi pada saat perut kosong!!. Apa akan memengaruhi kesehatan tubuh kita?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, V.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Minum kopi saat keadaan perut kosong lebih baik dihindari karena kopi memiliki kandungan kafein yang bisa meningkatkan asam lambung dan membuat perut menjadi mules. Selain itu, efeknya juga dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh.

Agar kopi memberikan maanfaat yang baik bagi tubuh, Anda bisa mengonsumsi kopi dengan cara-cara berikut ini

  • Jangan minum kopi setelah jam 2 siang karena akan mengganggu tidur Anda di malam hari.
  • Tidak meminum kopi terlalu banyak. Maksimal Anda meminum kopi 6 cangkir dalam satu hari.
  • Saat meminum kopi, hindari atau kurangi gula. Anda bisa menggantinya dengan pemanis alami seperti Stevia.
  • Menaburkan sedikit bubuk jahe ke kopi Anda. Jahe mengandung antioksidan dan senyawa antiradang sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan cara-cara diatas, Anda memperoleh manfaat kopi yang sebenarnya yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh, membakar lemak di tubuh, meningkatkan fungsi otak, menambah energi, menurunkan resiko diabetes, mencegah demensia dan penyakit Alzheimer, mengurangi resiko munculnya Parkinson, membuat lebih bahagia, menurunkan resiko kanker hati, dan mencegah beberapa penyakit karena kopi sendiri mengandung zat antioksidan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

5 tips untuk menahan emosi agar kondisi mental lebih sehat

Sebelum Marah, Terapkan 5 Cara Menahan Emosi Ini

Meski terkesan negatif, kemarahan sebenarnya adalah bentuk emosi yang sehat. Namun menjadi tidak baik ketika kemarahan sudah mengintervensi cara seseorang mengambil keputusan hingga merusak hubungan dengan orang lain. Cara menahan emosi bagi tiap orang berbeda, bisa dengan terapi pernapasan hingga mencari pengalihan atau distraksi.