09 Jun 2021, 16:59Gigi & Mulut

Cara mengobati pipi bengkak akibat sakit gigi pada anak

SR
Info Penanya: SR0
Sore dokter, bagaimana cara mengobati pipi bengkak akibat sakit gigi pada anak? pencegahannya gimana ya dok biar tidak berulang?
53 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi SR,Sakit gigi adalah salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak. Penyebab sakit gigi yang paling sering adalah karena gigi berlubang, mulai dari lubang yang kecil hingga besar sampai keropos. Nah, selain rasa sakit gigi, ada beberapa gejala lain yang biasanya juga dialami oleh penderita gigi berlubang.Beberapa gejala lain gigi berlubang adalah:
  • sakit pada kepala, telinga, atau mata
  • gusi yang memerah
  • pipi yang membengkak
Jadi, terkait kondisi anak Anda, jika pipinya bengkak maka merupakan gejala yang wajar karena gigi berlubang ini ya. Penanganan pertama untuk mengurangi bengkak pada pipinya adalah dengan cara mengompres menggunakan air dingin. Kompres selama 10-20 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Lalu, kurangi juga rasa sakit yang timbul dengan berkumur air garam dan mengonsumsi obat antinyeri seperti parasetamol.Lalu, ketika nanti sudah sembuh, upayakan untuk mengajarkan anak Anda cara menyikat gigi yang benar agar ke depannya keluhan ini dapat dicegah. Anda juga dapat menjaga pola makan anak, hindari makanan yang terlalu manis. Hindari juga mengonsumsi makanan berkuah yang terlalu panas, dan juga es yang terlalu dingin ya. Terakhir, kontrol ke dokter gigi minimal dua kali setahun. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
sakit gigigertakan gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil