Cara mengobati mata ikan pada kaki?

AS Info Penanya: AS, Pria
Bagaimana cara mengobati mata ikan di kaki
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS

Mata ikan diakibatkan tekanan, paling sering diantara jari keempat dan kelingking pada kaki, akibat dari tonjolan tulang. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan alas kaki yang sesuai (apakah perlu sepatu yang lebih panjang atau lebar) dan perawatan kesehatan dan kebersihan kaki untuk mengurangi infeksi. Anda dapat juga menggunakan bedak anti bakteri atau anti jamur sesudah membersihkan area tersebut. Gunakan juga kaus kaki untuk mencegah gesekan lebih lanjut. Produk lainnya bisa menggunakan krim yang bersifat mengurangi keratin (lapisan luar kulit). Sebaiknya diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapat terapi yang sesuai.

Dengan mengatasi penyebab mekanik seperti alas kaki yang sesuai adalah langkah pertama untuk pengobatannya. Bisa juga menggunakan tambahan alas kaki pada sepatu serta menggunakan kaus kaki. Jaga kebersihan kaki dengan baik, menurunkan berat badan, serta menggunakan batu khusus untuk menggosok secara teratur untuk melunakkan kulit daerah yang sakit.

4 Pilihan Salep Mata Ikan yang Bisa Anda Coba

Prosedur Operasi Mata Ikan Ini Perlu Anda Ketahui

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung, ginjal, dan hati bisa jadi penyebab kaki bengkak

Tidak Hanya Kehamilan, Ini Penyebab Kaki Bengkak yang Lain

Selain kehamilan, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab kaki bengkak, seperti gangguan di hati, jantung, atau infeksi.