Cara mengobati lubang dubur yang gatal.

AK Info Penanya: AK
Selamat malam dok..maaf lubang dubur saya gatal sudah 1 minggu...obatnya apa ya dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Area dubur yang gatal bisa disebabkan oleh :

  1. Infeksi cacing kremi.
  2. Iritasi sabun.
  3. Diare kronis.
  4. Infeksi menular seksual.
  5. Diabetes.

Untuk penanganan gatal yang Anda rasakan tergantung dari apa penyebab munculnya gatal tersebut. Namun untuk sementara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa gatal adalah dengan minum obat golongan antihistamin, namun obat ini tidak menghilangkan penyebab gatal itu sendiri. Sehingga Anda wajib melakukan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat penanganan yang sesuai. Selain itu perlu menjaga kebersihan area dubur dan kelamin, hindari menggaruk bagian yang gatal, hindari memakai celana yang terlalu ketat, hindari mengonsumsi daging sapi yang kurang matang, minum obat cacing rutin setiap 6 bulan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wasir atau ambeien ditandai dengan ciri-ciri seperti buang air susah buang air besar dan berdarah, dan adanya tonjolan di anus

Ciri-ciri Ambeien: BAB Berdarah hingga Anus Gatal

Wasir atau ambeien adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah vena di anus dan area sekitarnya. Hal ini ditandai dengan ciri-ciri seperti susah buang air besar dan berdarah, adanya tonjolan di anus, rasa gatal atau perih, keluar lendir dari anus, dan rasa ada kotoran yang tertahan di dalam anus.