11 Sep 2021, 12:53Penyakit Lainnya

cara mengobati jari kejepit pintu

E
Info Penanya: E0
Dokter, kemarin jari kejepit pintu dan bengkak hingga berwarna hitam. Bagaimana cara mengobatinya tanpa harus mencabut kukunya?
100 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Pada kondisi jadi terjepit pintu dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti nyeri pada area yang terjepit, munculnya lebam atau luka terbuka sehingga mengeluarkan darah, adanya kuku yang terlepas atau tidak lepas namun berwarna kehitaman yang disebabkan perdarahan di bawah kuku (hematom subungual).

Kuku menghitam karena terjepit pintu

Jika kuku Anda tidak rusak atau terlepas sebagian maka tidak perlu melakukan pencabutan kuku. Dalam pertanyaan Anda saya artikan kondisi kuku tetap utuh namun ada area yang memar dan perdarahan di bawah kuku yang menghitam ya. Area hitam adalah darah keluar dari pembuluh darah yang pecah dan mengering sehingga berwarna demikian, namun seiring berjalannya waktu kuku akan tumbuh dan warna hitam tersebut akan terdorong dengan sendirinya. Yang perlu Anda lakukan hanya menjaga kebersihan kuku dan memotongnya jika sudah panjang.Lama kelamaan bagian hitam akan terpotong sedikit demi sedikit hingga akhirnya bersih. Sedangkan untuk bagian yang bengkak dan memar di sekitar jari, selama tidak ada luka terbuka, boleh berikan salep yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pemeriksaan dokter terdekat.Salep dan pilihan pengobatan akan berbeda tergantung dengan kondisi jari Anda, namun jika ingin melakukan konsultasi secara online Anda juga dapat mengirimkan foto kondisi jari Anda melalui aplikasi chat ke dokter online kami. Sementara itu jika terasa sangat nyeri, Anda boleh konsumsi obat antinyeri yaitu paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri sementara.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyembuhan lukaluka traumatiskuku
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil