Cara mengobati gagal ginjal selain transplantasi ginjal

RT Info Penanya: RT
Pagi dok, saya mau nanya, sekitar bulan lalu saya divonis mengalami gangguan fungsi ginjal. Saya ingin bertanya apakah satu-satunya cara mengobati gagal ginjal adalah dengan operasi transplantasi ginjal? trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RT,

Gagal ginjal adalah ketidakmampuan organ ginjal untuk menjalankan fungsinya dimana organ ginjal sendiri merupakan salah satu organ penting yang berfungsi mengatur kadar cairan tubuh, menyaring hasil limbah dan membuangnya melalui urine, mengontrol tekanan darah dan juga memproduksi hormon.

Gagal ginjal sendiri ada gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis dimana gagal ginjal akut bisa ditandai dengan mual, muntah, kejang, pembengkakan tubuh, sesak dan terjadi secara akut atau cepat bisa karena paparan zat kimia, infeksi pada tubuh, dehidrasi dan lainnya. Sedangkan pada gagal ginjal kronik terjadi karena proses penyakit yang cukup panjang sehinggga merusak ginjal mulai karena tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, konsumsi obat jangka panjang, obesitas dan lainnya.

Penanganan sendiri tergantung dari berat ringannya gagal ginjal yang terjadi dimana pada gagal ginjal akut perlu dilakukan penanganan pada pemicunya dan jika diperlukan dilakukan cuci darah darurat. Pada gagal ginjal kronik sendiri tergantung stadium dimana jika pada stadium awal bisa dilakukan pengobatan dan menjaga agar tidak bertambah berat kerusakan ginjal yang terjadi tetapi jika sudah stadium akhir perlu dilakukan cuci darah rutin seumurhidup untuk menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring dan membuang limbah dan transplantasi ginjal untuk bisa menyembuhkannya. Untuk itu perlu konsultasikan pada dokter ahli penyakit dalam untuk kondisi yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ginjal bengkak umumnya disebabkan oleh penyumbatan pada saluran kemih

Mengenal Penyebab Ginjal Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ginjal bengkak atau hidronefrosis terjadi ketika adanya penumpukan urine pada satu atau kedua ginjal. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.