Cara mengobati cacar air pada anak umur 4 tahun

AA Info Penanya: AA
Dok mau tanya anak saya umur 4th kena cacar air parah bgt...soal digaruk trs..udah saya kasih obat tapi belum sembuh juga...kira dikasih obat apa ya dok biar luka cepat kering dan cepet sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Cacar air adalah infeksi yang ditimbulkan virus Varicella zoster yang menimbulkan gejala berupa ruam pada kulit mulai dari kemerahan, bintil berisi air lalu menimbulkan keropeng atau koreng seringin berjalannya waktu. Sebenarnya cacar air merupakan kondisi yang bisa sembuh dengan sendirinya tetapi pada anak perlu diperhatikan agar mengatasi gejala yang timbul seperti demam, rasa gatal dan juga mencegah agar ruam tidak dipecahkan yang bisa memicu iritasi dan infeksi bakteri.

Jika sebelumnya tidak dilakukan pemeriksaan dokter sebelumnya, ada baiknya segera diperiksakan dan dipastikan keluhan tersebut adalah benar cacar air karena jika tidak dapat menimbulkan bekas pada kulit yang bisa mengganggu penampilan selain itu juga cacar air bisa bisa menimbulkan peradangan pada otak dan dehidrasi tidak ditangani dengan baik.

Berikan anak minum lebih banyak, berikan pengertian agar tidak menggaruk bintil yang timbul, mandikan anak lebih sering agar mengurangi gatal anak dan upayakan anak berada pada ruangan sejuk dan menggunakan pakaian yang sejuk sehingga tidak gatal dan menggaruk ruam yang timbul. Nantinya dokter akan memberikan obat antivirus minum atau oles dan juga obat tambahan jika diindikasikan adanya infeksi bakteri pada luka yang digaruk untuk membantu penyembuhannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.