Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi.

L Info Penanya: L, Wanita
Dok, Saya terkena batu ginjal dan ingin menghilangkan penyakit tersebut. Namun, saya tidak ingin bila di operasi. Apakah ada pengobatan batu ginjal yang tanpa operasi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Batu ginjal merupakan batu yang ditemukan pada ginjal atau pada saluran kemih yang seringkali menimbulkan gejala berupa nyeri pinggang yang terasa hilang timbul, nyeri ketika BAK, serta BAK yang disertai dengan darah.

Banyak faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena batu ginjal seperti kebiasaan mengonsumsi sedikit air putih, makan makanan tinggi protein, dehidrasi, serta riwayat keluarga dengan batu ginjal.

Sama seperti batu empedu, penanganan batu ginjal juga tergantung dari ukuran, letak, dan banyak sedikitnya batu yang ada.

Berikut ini beberapa cara alami yang dipercaya dapat menghilangkan batu yang bisa Anda coba bila Anda takut operasi dengan cara :
  1. Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Minum perasan jeruk lemon setiap hari.
  3. Minum air rebusan kacang merah.
  4. Minum air rebusan seledri.

Namun cara alami tersebut tidak boleh dibarengi dengan penggunaan obat-obat tertentu, karena akan menimbulkan efek samping bila diminum secara bersama-sama.

Bila tidak ada perubahan, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter urologi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biaya operasi Caesar dengan indikasi medis dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Biaya Operasi Caesar Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Seperti halnya operasi besar lain, ada beberapa risiko pada persalinan melalui prosedur Caesar. Selain risiko tersebut, mungkin yang juga Anda pertimbangkan adalah biaya operasi Caesar. Namun tenang saja, BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan melalui prosedur Caesar.