29 Sep 2021, 08:52Kandungan

Cara menghitung usia kehamilan

SR
Info Penanya: SR0
Saya mau nanya dok kalau hari terakhir haid 22 agustus 2021 jdi di hitung siklus haid saya 26 hari,saya nggak tau cara menghitung berapa usia kehamilan saya saat ini?
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Untuk mengetahui usia kehamilan dapat dicatat tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda adalah misalnya tanggal 22 Agustus 2021. Perhitungan ini tidak membutuhkan hitung silus haid Anda, cara perhitungan cukup dengan menghitung jumlah minggu secara manual dari sejak tanggal tersebut hingga ke hari ini (29 september). Kemudian dari perhitungan ini akan tampak bawah usia kandungan Anda adalah 5minggu dan 3hari.

Cara lain menentukan usia kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan selain dengan perhitungan menggunakan HPHT adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG. Pada pemeriksaan USG dapat di ukur besar janin Anda, kemudian dicocokkan dengan ukuran janin seusianya sehingga ibu yang lupa dengan hari pertama haid terakhirnya tetap dapat mengetahui usia janinnya.Sayangnya hasil pengukuran dengan USG mungkin akan sedikit berbeda dengan hasil perhitungan HPHT, dan pemeriksaan USG yang dilakukan pada saat usia janin belum mencapai 8minggu umumnya belum dapat melihat bentuk dari janin Anda. Pada usia kehamilan saat ini yang terpenting lakukan pemeriksaan menyeluruh di puskesmas terdekat untuk menyaring adanya penyakit yang mungkin akan menyulitkan kehamilan, Anda juga boleh saja melakukan konsultasi ke dokter kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilankehamilantrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil