30 Jul 2020, 09:33Kandungan

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan?

W
Info Penanya: W, Wanita, 26 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau tanya Bagaimana cara menghitung usia kehamilan? HPHT saya tgl 15 mei Sedangkan saya menikahnya tgl 31 mei Apakah cara menghitungnya mulai dari haid terakhir?
7984 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, W. Kehamilan tentunya merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh setiap wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Proses awalnya didahului dengan adanya pertemuan antara sperma dan sel telur yang kemudian sperma tersebut akan membuahi sel telur dan menjadi bakal janin. Kemudian bakal janin akan menempel pada dinding rahim dan bertumbuh sampai waktu kelahiran tiba. Pada saat mengalami keterlambatan haid tentunya yang Anda pikirkan diawal adalah apakah saya mengalami kehamilan. Selain perlu memeriksakan diri dengan test pack, Anda juga harus mencatat tanggal haid Anda untuk membantu menghitung usia kehamilan Anda nanti.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung usia kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan metode last menstrual period (LMP). Dalam metode ini dibutuhkan kondisi siklus haid yang teratur sebab pada metode ini digunakan hari pertama haid terakhir yang Anda alami sebagai acuannya. Apabila haid tidak teratur usia kehamilan tidak dapat ditentukan dengan perhitungan ini.
  • Metode Usg kehamilan. Hal ini merupakan alat scanning yang memanfaatkan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi. Umumnya usg lebih akurat dibandingkan dengan HPHT. Usg sendiri digunakan untuk mendeteksi awal apakah benar terjadi kehamilan atau tidak, kemudian mengetahui usia kehamilan, mengetahui kondisi kesehatan janin, serta hari perkiraan kelahiran.
Terkait dengan kondisi yang Anda alami, apabila HPHT Anda ditanggal 15 mei 2020 kemungkinan usia kehamilan saat ini sekitar 11 minggu 1 hari. Namun sebaiknya untuk memastikan Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan agar dilakukan usg rahim.Untuk menjaga kehamilan Anda, sebaiknya tetap makan banyak sayur, buah dan protein. Olahraga ringan seperti yoga dan meditasi. Tidur yang cukup, hindari stres, dan banyak minum air putih minimal 2-3 liter/hari. Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
menjaga kehamilankesehatan kandungantes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil