16 May 2021, 14:10Kandungan

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan

SL
Info Penanya: SL0
Dok, bagaimana cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan?
113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang SLTerima kasih atas pertanyaan AndaMengetahui usia kehamilan memberikan kebahagiaan dan semangat tersendiri bagi ibu hamil. Kehamilan, terjadi selama kurang lebih 40 minggu. Dengan mengetahui usia kehamilan, ibu hamil dan keluarga bisa mengetahui prdiksi pertumbuhan janin.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui usia kehamilan:

  • Menggunakan cara manual
    Cara ini didapatkan dari perhitungan berdasarkan hari pertama haid terakhri (HPHT). Dengan cara manual ini, selain bisa mengetahui perkiraan usia kehamilan, juga bisa memprediksikan hari perkiraan lahir (HPL)
  • Menggunakan alat scanning khusus
    Alat ini sering disebut dengan istilah USG kandungan. Dengan menggunakan alat USG kehamilan ini, perhitungan usia kehamilan diketahui berdasarkan ukuran janin. Selain itu bisa memprediksikan jenis kelamin janin, mendeteksi adanya cacat janin dan juga memantau kondisi kesehatan organ reproduksi ibu hamil.
Jika Anda ingin mengetahui perkembangan janin dari selama masa kehamilan, lakukanlah pemeriksaan secara rutin ke dokter spesialis kandungan terdekat minimal 4 kali selama masa kehamilan agar bisa memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janin. Hal penting bagi ibu hamil adalah tetap menjaga kesehatan, menjaga kebersihan area kewanitaan, konsumsi makanan sehat bergizi untuk ibu hamil, hindari beberapa pantangan makanan untuk ibu hamil, hindari kelelahan, hindari konsumsi alkohol, dan terapkan gaya hidup bersih dan sehat agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil