cara menghitung masa subur

WW Info Penanya: WW, Wanita, 2019 Tahun
Bagaimana cara menghitung masa subur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore WW,

Untuk dapat cepat hamil perlu diketahui beberapa hal salah satunya adalah dengan mengetahui masa subur. Untuk mengetahui masa subur sendiri dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti:

  • Metode kalender dengan mengetahui siklus menstruasi dimana masa subur dapat terjadi sekitar 12-16 hari sebelum siklus berikutnya datang atau metode perhitungan lain
  • Melalui lendir serviks dimana saat ovulasi lendir atau cairan dari kemaluan akan lebih banyak dan dapat lebih kental
  • Mengukur suhu basal dimana mengukur suhu tubuh ketika bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apa-apa termasuk turun dari tempat tidur. Pada saat ovulasi akan ada peningkatan suhu sekitar 0,3 derajat celcius untuk itu perlu dilakukan pemantauan berkala
  • Menggunakan kalkulator ovulasi atau alat pendeteksi ovulasi

Selain itu penting juga menjaga pola hidup sehat agar siklus menstruasi teratur dan juga menyiapkan diri untuk hamil. Jika sudah lebih dari 1 tahun menikah tetapi belum hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan agar dapat diketahui penyebabnya dan mempersiapkan program hamil yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan.Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat,kram perut,mood, dsb.