18 May 2021, 09:52Kandungan

Cara menghitung masa ovulasi pada siklus tidak teratur

RS
Info Penanya: RS0
Dok izin bertanya cara menghitung masa subur gimana bulan Februari saya haid tnggl 6-10,bulan Maret saya haid tnggl 11-16, bulan April saya haid tnggl 25-29 untuk menghitung masa subur bulan mei gimana untuk siklus yg tidak teratur dok ?
194 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Melakukan hubungan seksual pada masa subur dapat meningkatkan kemungkinan untuk terjadi kehamilan. Namun jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur, maka akan sulit untuk menentukan kapan masa subur Anda. Contohnya jika haid tanggal 6 Febuari lalu haid berikutnya tanggal 11 Maret artinya siklus Anda 35hari dan kemungkinan masa subur ada di tanggal 19-23 Febuari. Namun di siklus berikutnya haid dari tanggal 11 Maret dan haid lagi di 25 April artinya siklus Anda 44 hari (terlambat 9hari). 

Hitung masa subur

Siklus normal seharusnya antara 21-35hari, sehingga adanya keterlambatan 9hari ini menyebabkan masa subur tidak dapat dihitung. Untuk dapat membantu menghitung masa subur Anda gunakanlah alat bantu tes kesuburan namun kekurangannya, alat ini perlu dibeli banyak agar Anda dapat melakukan tes berkala setiap 4hari sekali sejak 12 hari dari hari pertama haid terakhir Anda.Misalnya haid terakhir tanggal 25 April, maka gunakan tes ini pada tanggal 7 Mei, 11 Mei, 15 Mei, dst hingga di dapatkan hasil positif. Diluar dari tes ovulasi positif maupun negatif, tetap lakukan hubungan seksual secara rutin 3hari sekali agar kemungkinan hamil lebih tinggi.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
meningkatkan kesuburanmasa suburtes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil