21 Sep 2020, 13:42Kandungan

HPHT itu apa, ya?

SU
Info Penanya: SU0
Dok saya mau tanya,cara menghitung hpht saat hamil bagaimana,saya terakhir haid tanggal 5 juli '20,dan selesai tanggal 12 juli '20.
909 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SU.HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Jadi, apabila haid terakhir Anda jatuh pada tanggal 5-12 Juli, maka hari pertama atau HPHT-nya jatuh pada tanggal 5 Juli.Pada saat seorang wanita hamil, HPHT penting untuk diketahui. HPHT dapat digunakan untuk memprediksi HPL (Hari Perkiraan Lahir), dengan rumus sebagai berikut:
  • Hari + 7 = 5 + 7 = 12
  • Bulan - 3 = Juli (7) - 3 = April (4)
  • Tahun + 1 = 2020 + 1 = 2021
Maka, prediksi persalinan Anda adalah sekitar tanggal 12 April 2021. Sampai hari itu tiba, jagalah kehamilan baik-baik dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya asam folat, omega-3, zat besi, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya. Lakukan aktivitas fisik ringan, namun jangan sampai kelelahan, ya. Selain kesehatan fisik, persiapkan juga kondisi psikologis dengan cara meminta dukungan kepada suami dan keluarga terdekat. Jauhi sumber stres sebisa mungkin, dan apabila ada tekanan, kendalikan emosi dengan cara rutin melakukan yoga dan meditasi.Kemudian, lakukan kontrol secara teratur ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, guna mengevaluasi kondisi ibu dan janin secara berkala. Semoga lancar sampai hari persalinan nanti ya, terima kasih atas pertanyaan Anda. Salam sehat,
dr Sylvia
persiapan kelahirankehamilanpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil