Cara menghilangkan tindikan telinga

FA Info Penanya: FA, Pria, 19 Tahun
selamat pagi dok sebelumnya saya minta maaf mengganggu dokter saya mau tanya apakah bisa menghilangkan tindikan ditelinga kalau bisa gimana caranyasekian pertanyaan dari saya terimakasih atas perhatianya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FA,

Cara menghilangkan tindikan di telinga tergantung dari seberapa besar lubang yang ada, dan sudah berapa lama lubang tindikan tersebut ada. Pada bayi atau anak kecil dimana lubang tindikan kecil dan masih baru, maka dengan berjalannya waktu dapat menutup dengan sendirinya. Namun untuk kasus dimana lubang tindikan besar seperti lubang yang sudah diganjel dengan anting-anting yang besar, maka lubang tersebut tidak dapat menutup sendiri dan memerlukan tindakan dokter untuk menutup lubang tersebut. Biasanya dokter akan melakukan bius lokal dan melakukan sayatan pada lubang tersebut, selanjutnya lubang tersebut akan dijahit untuk merapatkan lubang tindikan tadi. Diakhir proses penyembuhan luka maka lubang akan menutup dan lubang tindikan akan menghilang.

Namun sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis bedah plastik untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit yang disebabkan tekanan berlebih dan berkepanjangan

Sulitkah Proses Penyembuhan Luka Penderita Ulkus Dekubitus?

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit yang disebabkan tekanan berlebih dan berkepanjangan. Ulkus dekubitus menimbulkan rasa nyeri, lecet, dan luka. Ulkus dekubitus dapat disembuhkan dengan membersihkan luka agar terhindar dari infeksi, dan menurupnya dengan plester.