Cara menghilangkan tanda lahir?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita
Bagaimana cara menghilangkan tanda lahir dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tanda lahir sebetulnya tidak berbahaya, namun bisa mengganggu penampilan. Namun perlu memastikan tipenya dengan Dokter Spesialis Kulit karena ada yang bisa meningkatkan resiko kanker kulit.

Beberapa tekniknya seperti terapi laser yang dapat menghilangkan atau menyamarkan bercak tanda lahir dengan menggunakan sinar khusus yang dilakukan oleh Dokter Kulit.Tindakannya menggunakan bius lokal agar lebih nyaman. Selain itu juga bisa menggunakan obat anti radang secara oral atau injeksi ke tanda lahirnya. Cara kerjanya langsung pada pembuluh darah sehingga mengecilkan ukuran tanda lahir.

Pembedahan kulit dengan mengangkat langsung tanda lahir bahkan pada tanda lahir yang terletak jauh di dalam kulit. Dan dapat dilakukan di tempat praktek dokter hanya dengan menggunakan bius lokal. Ada beberapa teknik yang bisa Anda diskusikan langsung dengan Dokter Spesialis Kulit agar hasilnya baik. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara menghilangkan tanda lahir untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.