Cara menghilangkan rasa nyeri pada tangan yang terkena stroke

SH Info Penanya: SH, Wanita, 1 Tahun
Malam dokter suami saya terkena struk sudah 6 bulan dan sudah 3 hari ini tanggan sebelah kanan yg terkena struk terasa sakit bagai mana gobatin ya dan harus minum obat apa ya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Stroke merupakan penyakit serius dimana otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup akibat adanya sumbatan di dalam pembuluh darah otak. Terkadang terjadi juga pecahnya pembuluh darah di otak yang dinamakan dengan stroke hemoragik

Stroke memberikan efek yang buruk bagi penderitanya. Mengakibatkan kelemahan otot-otot tangan dan kaki, kesemutan, merusak memori ingatan pada otak, bicara pelo, dan masih banyak lagi. Untuk itu, ketika seseorang mengalami stroke, maka orang tersebut mau tidak mau harus rutin mengkonsumsi obat-obatan stroke dan melakukan fisioterapi sebagai pencegahan agar stroke tidak berulang dan tidak semakin banyak sel saraf yang rusak.

Jenis-jenis obat stroke yang diresepkan oleh dokter, yaitu:

  • Obat pengencer darah (antiplatelet, antikoagulan)
  • tPA (tissue plasminogen activator).
  • Obat penurun tekanan darah.
  • Obat penurun kolesterol.

Selain obat-obatan diatas, ada juga obat-obatan alami yang bisa dikonsumsi, yaitu:

  • Ginseng india.
  • Bawang putih.
  • Kunyit.
  • Bilberry.
  • Daun pegagan.

Untuk mengatasi tangan yang nyeri pada suami Anda, Anda bisa berikan obat pereda nyeri yang aman bagi penderita stroke yaitu paracetamol atau ibuprofen. Lalu, ajarkan suami Anda untuk melakukan terapi seperti yoga, tai chi, pijat sebagai upaya agar aliran darah pada tangan yang terkena stroke kembali lancar. Dan, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan stroke yang berasal dari dokter saraf. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga tekanan darah tetap stabil adalah salah satu cara mencegah terjadinya stroke

Simak 5 Cara Mencegah Stroke

Saat aliran darah ke otak tersendat dan sel otak lumpuh, terjadilah stroke. Antisipasi serangan jantung dan stroke dengan pola hidup yang lebih sehat, seperti rutin berolahraga hingga menghindari kebiasaan merokok agar dapat menurunkan angka risiko terkena stroke.