Cara menghilangkan ngorok

DH Info Penanya: DH, Pria, 34 Tahun
Dear Dokter,Bagaimana cara menghilangkan ngorok atau dengkur pada saat tidur? Mohon solusinya.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak DH,

Topik ini pernah kami sampaikan sebelumnya, namun kembali akan kami informasikan kepada Bapak.

Ngorok atau mendengkur dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu yang pertama dilakukan adalah mencari tahu apa penyebab tidur mendengkur sampai terjadi.

Penyebab tidur mendengkur ini adalah :

  • Menyempitnya saluran udara yang memasok oksigen ke otak dan jaringan tubuh lainnya. Dapat disebabkan karena penyempitan di tenggorokan dan lubang hidung akibat pembesaran tonsil dan pembesaran konka, dan faktor lainnya seperti posisi tidur.

Posisi tidur dan Pola dengkuran :

  • Mendengkur pada setiap posisi tidur, menggambarkan gangguan yang sangat serius dan membutuhkan penanganan segera.
  • Mendengkur saat tidur dengan posis dengan mulut tertutup, menunjukkan adanya gangguan pada lidah.
  • Mendengkur saat tidur telentang, untuk mencegah hal ini cukup dengan  mengubah posisi tidur dan perbaiki gaya hidup yang lebih sehat. Kondisi ini dinilai sangat ringan.
  • Mendengkur saat tidur dengan mulut terbuka hal ini menunjukkan adanya masalah dengan jaringan di tenggorakan.

Faktor-faktor yang menyebabkan tidur mendengkur adalah :

  • Semakin tua usia maka anatomi tenggorokan semakin sempit, sedangkan kekencangan otot sekain berkurang sehingga lebih mudah mendengkur saat tidur
  • Adanya gangguan pada hidung dan tenggorokan, atau infeksi pada sinus
  • Mengkonsumsi alkohol, merokok dan minum obat-obatan tertentu
  • Pria cenderung lebih mudah mendengkur daripada wanita
  • Posisi tidur terlentang, paling sering menyebabkan tidur mendengkur
  • Obesitas atau kegemukan, jaringan lemak yang berlebihan di leher mempersempit aliran udara

Solusi atau cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah tidur mendengkur, dapat disesuaikan dengan penyebab tidur mendengkur itu sendiri, yaitu :

  1. Dapatkan berat badan ideal
  2. Ubah posisi tidur, jangan tidur terlentang sebaiknya tidur dengan posisi tubuh menyamping atau tidur dengan posisi kepala agak lebih tinggi dari badan.
  3. Kontrol dan konsultasikan ke Dokter Spesialis THT bila dicurigai adanya gangguan pada hidung, sinus dan pembesaran tonsil.
  4. Terapkan pola hidup sehat,lakukan olahraga ringan rutin setiap minggu minimal 3 kali dalam seminggu
  5. Dapatkan tidur malam yang berkualitas, yaitu untuk orang dewasa adalah 6 sampai 7 jam sehari, dan dimulai pada jam 10 malam.
  6. Hindari mengkonsumsi alkohol, merokok dan obat-obatan tertentu
  7. Sebaiknya tidak minum kopi dan makan terlalu kenyang 2 jam sebelum tidur malam
  8. Menjaga udara dan suhu kamar tetap nyaman dan tidak lembab, dengan adanya sirkulasi udara dalam kamar yang baik.
  9. Latihan vokal atau bernyanyi secara teratur
  10. Latihan tenggorokan selama 30 menit setiap hari didepan cermin, dengan langkah sebagai berikut :
  • Tempatkan ujung lidah di belakang gigi depan atas, kemudian geser lidah mundur ke belakang. Lakukan selama 3 menit sehari.
  • Tutup mulut, kemudian kerutkan bibir. Tahan selama 30 detik.
  • Buka mulut dan gerakkan rahang ke sebelah kanan. Tahan selama 30 detik kemudian ganti gerakkan rahang ke sebelah kiri.
  • Dengan mulut terbuka, kontraksikan otot di bagian belakang tenggorokan berulang kali selama 30 detik.

Semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan solusi buat Bapak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi membuat penderitanya mudah tidur dan kesulitan menahan rasa kantuknya

Panduan dalam Mengenal Penyakit Narkolepsi

Penyakit narkolepsi adalah penyakit mudah tidur yang terjadi secara mendadak. Gejalanya adalah halusinasi, mengantuk yang berlebih di pagi dan siang hari, katapleksi. Penyebab narkolepsi adalah rendahnya kadar hipokretin.