Cara menghilangkan milia di tepi mata?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita
Assalamu'alaikum,saya mau nanya cara menghilangkan milia di tepi mata bagaimana yh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Milia sebetulnya dapat hilang dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Namun memang bisa menganggu kenyamanan dan penampilan, apalagi bila timbulnya di wajah. Mayoritas milia hilang sendiri setelah beberapa minggu, namun bila sudah terjadi kerusakan pada kulit lebih sulit untuk hilang. Contohnya pada bekas gesekan atau luka bakar.

Milia lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Pada kasus orang dewasa lebih jarang dan memerlukan waktu yang lebih lama agar dapat hilang. Penanganannya bisa dilakukan dengan mengeluarkan isi dari milia. Sebaiknya dilakukan dengan bantuan Dokter agar tindakan dan alatnya bisa lebih higienis. Sehingga tidak terjadi infeksi, luka atau merusak kulit dan meninggalkan bekas. Ada yang melakukan tindakan dengan jarum sederhana, ada yang menggunakan laser atau bisa juga dengan peeling kimia, mikrodermabrasi atau krioterapi. Namun pastikan dulu jenis gangguan kulitnya dengan Dokter Kulit agar penatalaksanaannya tepat.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.