Cara menghilangkan keloid

IY Info Penanya: IY, Pria, 34 Tahun
Pagi Dokter,Saya ada semacam keloid pada dada saya yang dulunya kecil dan sekarang sudah melebar seluas kuku jempol tangan. Saya ingin menanyakan, bagaimana cara penanganannya? Apakah keloid tersebut akan terus membesar? Bagaimana cara menghilangkannya? Apakah dengan dilakukan operasi atau hanya disuntik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak I,

Keloid adalah jaringan parut hipertropi yang tumbuh keluar dari batas jaringan parut luka sebelumnya, sehingga berbentuk seperti tumor, merupakan reaksi proliferasi berlebihan dari tubuh.

Tidak semua orang dapat memiliki Keloid, hanya orang – orang tertentu yang memiliki bakat akan tumbuhnya keloid, sehingga hanya dengan luka kecil saja bisa tumbuh keloid yang besar.

Pengobatannya dengan pembedahan sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan kekambuhan keloid denganukuran yang lebih besar dari ukuran semula, mengikuti sayatan saat pembedahan.

Pengobatan terpilih untuk Keloid adalah injeksi Triamsinolon intralesi yaitu penyuntikan Triamsinolon Asetonid (Kenalog, Kenakorrt) 10 mg /ml. Penyuntikan dilakukan langsung pada keloid, dilakukan pada beberapa tempat. Suntikan dilakukan setiap 3 sampai 4 minggu sampai maksimal 6 bulan. Dosis penyuntikan tergantung dari ukuran keloid tsb, dan usia Penderita. Umumnya pada penyuntikan ini beberapa keloid akan mengecil setelah 2 sampai 3 kali suntikan, namun beberapa tidak memberikan reaksi. Untuk itu dapat dilakukan pengobatan lain dengan cara pemberian radiasi.

Sebaiknya untuk lebih pasti Bapak disarankan mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.