Cara menghilangkan kebiasaan mengantuk

AH Info Penanya: AH, Pria, 18 Tahun
Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ngantuk???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Sering mengantuk dapat dipicu oleh beragam faktor penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Kebiasaan sehari-hari seperti bekerja hingga larut, bermain game, menonton dan lainnya
  • Kualitas dan kuantitas tidur yang kurang baik karena gangguan tidur seperti mengorok, insomnia dan lainnya
  • Jam tidur yang berantakan
  • Konsumsi zat tertentu seperti kafein
  • Mengalami kondisi psikis tertentu seperti depresi, stres, cemas
  • Efek samping obat tertentu
  • Pertambahan usia
  • Bekerja shift

Untuk mengatasi kebiasaan mengantuk perlu mengatasi faktor penyebabnya tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti:

  • Mengatur jam tidur
  • Menghindari konsumsi kafein seperti minuman kopi, minuman energi, minuman bersoda, atau cokelat terutama menjelang jam tidur
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Batasi aktivitas yang mempengaruhi jam tidur
  • Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur
  • Buat tidur malam berkualitas dengan menyingkirkan gangguan sebelum tidur

Jika masih kesulitan ada baiknya berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter atau dokter ahli kejiwaan untuk dilakukan penanganan baik konseling ataupun pemberian obat jika diperlukan. Kami juga menyarankan untuk membaca artikel kesehatan kami mengenai bahaya mengantuk terus menerus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah yang berjerawat bisa jadi salah satu tanda kurang tidur

9 Tanda Kurang Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Waktu tidur 7-8 jam sehari terkadang sulit untuk dipenuhi. Tidak jarang, hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tanda kurang tidur menjadi tidak disadari.