Cara menghilangkan gusi bengkak akibat gigi berlubang

FE Info Penanya: FE
Assalamualaikum,,,, metode sore... Pak dokter,,, saya mau bertanya... Gigi samping bagian kiri bawah kanan sdh bolong dan tinggal sisanya sedikit yg blm terangkat,,, sekarang gusinya bengkak dan sakit,,, bengkaknya sdh mau sampai ke telinga,,,, apa yg harus saya lakukan ? Dan obat ap yg cocok agar bengkaknya turun dan sakitnya hilang ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FE

Untuk gigi yang sudah berlubang sangat besar, hingga tinggal menyisakan sedikit bagian gigi, ada beberapa kemungkinan perawatan yang bisa dilakukan. Namun, sebelum melakukan perawatan tersebut, melihat kondisi gigi mengalami pembengkakan cukup besar, maka dokter akan meresepkan obat pereda nyeri dan antibiotik untuk meredakan infeksi yang dialami.

Setelah infeksi mereda, maka bisa dilakukan perawatan, dengan pilihan:

1. Perawatan saluran akar lalu pemasangan mahkota jaket

Perawatan saluran akar, dilakukan untuk mengganti akar pada gigi yang sudah berlubang sangat besar. Setelah akar gigi dirawat, maka kemudian, oleh dokter gigi akan dibuatkan mahkota jaket, untuk mengganti mahkota gigi yang sudah rusak tersebut.

Perawatan ini hanya bisa dilakukan apabila akar gigi masih baik dan cukup kuat untuk menopang mahkota gigi. Jika akar ternyata tidak cukup kuat, maka pilihan prosedur selanjutnya, bisa menjadi pilihan.

2. Pencabutan

Jika akar gigi tidak cukup kuat, maka untuk kondisi gigi seperti yang dijelaskan di atas, pencabutan bisa jadi salah satu metode untuk mengatasinya. Pada bagian gigi yang dicabut, nantinya perlu dibuatkan gigi palsu, agar gigi-gigi sebelahnya tidak bergeser ke area yang kosong.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat tiga pilihan material yang dapat digunakan dalam tambal gigi berlubang

3 Pilihan Material untuk Tambal Gigi Berlubang, Manakah Pilihan Anda?

Saat gigi berlubang, penambalan gigi merupakan salah satu penanganannya. Pilihan material untuk tambal gigi berlubang adalah resin, amalgam dan emas.