Cara menghilangkan garis garis yang terletak dibahu kiri maupun kanan

QQ Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter,Maaf sebelumnya jika saya mengganggu waktunya.Saya mau tanya, bagaimana caranya menghilangkan garis garis yang terletak dibahu kiri maupun kanan ..?Dulu waktu kecil saya suka menggaruknya karena gatal dan bekas garis tersebut tidak bisa hilang, apakah saran dari dokter...?Terimakasih jika anda telah menjawab pertanyaan saya ini.Selamat malam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang QQ,

Keluhan garis-garis pada kulit dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Bekas luka
  • Stretch marks
  • Hiperpigmentasi
  • Riwayat alergi
  • Infeksi kulit karena jamur, bakteri atau virus
  • Reaksi alergi karena serangga

Untuk menghilangkannya tergantung dari jenis penyebabnya. Jika yang timbul adalah bekas luka atau karena stretchmarks maka dapat dilakukan penangana dengan krim atau salep untuk menyamarkan bekas luka dan mencerahkan kulit, atau dengan tindakan medis seperti perawatan laser, dermabrasi ataupun operasi. Selain itu juga bisa dilakukan perawatan dengan bahan alami seperti minyak kelapa atau lidah buaya. Atau juga periksakan diri pada dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit