Cara Menghilangkan Gagap dalam Berbicara

HG Info Penanya: HG, Pria, 23 Tahun
Dokter saya mau bertanya, Apa gagap itu salah satu penyakit genetik atau hanya masalah psikologis? Dan bagaimana cara menghilangkan/menangganinya? Mohon beri solusinya, untuk membantu sahabat saya yang mengalaminya.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak HGF yang baik,

Pengertian Gagap atau Stuttering adalah gangguan berbicara, dimana seseorang akan mengulang kata, memperpanjang kata, berkata tidak lengkap sampai membuat bunyi-bunyi yang tidak memiliki arti.

Gagap dapat terjadi pada setiap orang, dan pada setiap usia dan penyebabnya digolongkan dalam 3 golongan yaitu :

  1. Gangguan saat pertumbuhan dan perkembangan anak, biasanya terjadi saat anak berumur 2 sampai 7 tahun pada tahap anak mulai belajar bicara dan mengembangkan kemampuan berbahasa.
  2. Gangguan pada syaraf di otak, contohnya pada paska kecelakaan hebat dan operasi otak, penyakit alzheimer, stroke, dan lain-lain.
  3. Faktor psikologis seperti serangan stress, tertekan, rendah diri, dll

Pengobatan untuk Gagap ini disesuaikan dengan penyebabnya, berikut adalah langkah-langkah pengobatan yang merupakan rangkuman dari pendapat beberapa ahli yang dapat dilakukan untuk mengobati Gagap, Untuk anak-anak :

  1. Diperlukan dukungan dari lingkungan dan sebaiknya tidak mengejek dan mencap anak sebagai “si gagap” karena dapat menimbulkan rasa rendah diri, dan terhambatnya kemampuan berbahasa sehingga gagap dapat bersifat permanen dan berlanjut sampai dewasa.
  2. Kunjungi Dokter ahli dalam bidang Tumbuh kembang anak dan lakukan Therapy bicara atau speech therapy.  

Untuk Orang dewasa, Pengobatan untuk penyakit otak, bila gagap disebabkan oleh adanya kelainan pada otak dan alat bicara

  1. Sering membaca buku dengan suara keras untuk memperkaya kosa kata dan kalimat, latihan berbicara didepan cermin, sering bernyanyi dan latihan vokal atau bergabung dalam kelompok paduan suara, karena saat bernyanyi tidak terjadi gagap.
  2. Kenali penyebab serangan gagap dan atasi, seperti gagap saat berbicara didepan umum maka lakukan latihan berbicara didepan umum dimulai dari kelompok kecil dan bertahap menjadi kelompok yang lebih besar untuk memupuk keberanian dan kepercayaan diri.
  3. Selalu berpikir positif dan bergaul dengan kelompok yang mendukung dan berpandangan positif.
  4. Kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Jiwa (Psikiater), bila gagap disebabkan oleh serangan panik dan serangan cemas yang memerlukan pengobatan dengan obat dari Dokter.

Harus dipahami bahwa kesembuhan total memerlukan waktu, sehingga dukungan dari keluarga dan teman sangat dibutuhkan. Tetaplah semangat dan kami yakin, teman Bapak sangat beruntung memiliki sahabat sebaik dan sepengertian Bapak.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Walaupun umumnya dirasakan di area tertentu, gejala kesemutan bisa menyebar ke area sekitarnya.

11 Penyebab Kesemutan di Tangan Ini Jarang Diketahui

Kesemutan, sering sekali terjadi. Sehingga, kemunculannya kadang tidak dihiraukan dan dibiarkan begitu saja. Tapi, tahukah Anda? Penyebab kesemutan ternyata bisa beragam mulai dari kondisi yang ringan, hingga gejala penyakit yang parah.