Cara menghilangkan daging tumbuh di paha

AY Info Penanya: AY, Pria, 30 Tahun
Saya ada daging tumbuh di paha belakang dibawah pantat.semakin lama membesar tapi tidak sakit .apakah penyakit nya dok.saya mau operasi tetapi belum sempat ..mohon solusi apa ada alternatif selain operasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AY,

Daging tumbuh pada paha adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti infeksi virus seperti kutil, skin tag atau lipatan kulit yang menebal, ataupun karena timbul benjolan di kulit seperti karena sel lemak yang tumbuh secara tidak normal yang disebut lipoma, adanya kantung berisi cairan atau kista, ataupun infeksi seperti bisul atau abses.

Untuk penanganan daging tumbuh sendiri tergantung dari penyebabnya. Seperti misalnya jika disebabkan oleh kutil maka dapat dilakukan beberapa cara seperti bedah atau operasi, bedah listrik atau menggunakan alat khusus untuk membakar jaringan agar terangkat, menggunakan krioterapi atau menggunakan nitrogen untuk menghilangkan daging tumbuh tersebut ataupun jika tidak besar menggunakan obat khusus untuk mengikis kulit seperti misalnya asam salisilat atau diteteskan obat khusus.

Periksakan kondisi Anda pada dokter kulit untuk memastikan apa penyebabnya dan langkah penanganan selanjutnya apakah hanya bisa dilakukan operasi atau dapat dilakukan penanganan dengan cara lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.