Cara menghilangkan bintik putih di bibir

YP Info Penanya: YP, Pria
Dokter, saya ingin bertanya, cara menghilangkan bintik putih dibibir bagian atas apa Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YP.

Bintik putih pada bibir dapat disebabkan oleh berbagai hal. Hal ini membuat penanganannya pun berbeda tergantung dari penyebabnya. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya bintik putih di bibir beserta perawatannya.

- Fordyce spot
Benjolan putih kecil yang tidak berbahaya di dalam bibir. Pada umumnya bintik-bintik ini dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika dirasakan mengganggu penampilan, maka perawatan seperti laser atau obat salep dapat dilakukan oleh dokter.

- Herpes simplex 
Dapat menyebabkan benjolan putih atau sariawan di bibir yang disebabkan oleh infeksi virus herpes. Untuk perawatannya menggunakan obat anti virus yang sesuai dengan resep dokter.

- Milia
Umumnya terjadi pada bayi, namun kondisi ini dapat terjadi pada segala usia. Bintik putih ini terjadi ketika sel kulit mati terperangkap di kulit. Milia dapat hilang dengan sendirinya, namun beberapa perawatan seperti krioterapi dan salep dapat dilakukan sesuai anjuran dokter.

- Oral thrush
Infeksi jamur yang menyebabkan lesi putih di bibir. Untuk kasus ini pengobatan menggunakan obat antijamur sesuai dengan resep dokter.

- Variasi genetik
Merupakan kondisi yang tidak berbahaya, seperti tanda lahir. Untuk kasus ini, bintik putih yang timbul tidak dapat dihilangkan.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat.

dr. Reni Utari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benang gigi dapat membantu pengguna behel untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi

Pelajari Cara Merawat Behel agar Gigi Rapi dan Sehat

Pengguna kawat gigi atau behel harus merawat kebersihan rongga mulut. Cara merawat gigi yang dipasangi behel yaitu gunakan benang gigi, jaga asupan makanan, serta rutin kontrol ke dokter gigi.