Apa penyebab bengkak pada seluruh tubuh?

IP Info Penanya: IP
Badan saya seluruhnya bengkak kecuali tangan dan saya hanya terbaring tidak bisa mereng kekiri dan kekanan serta duduk dan berjalan. Dan saya selalu merasakan mual jika makan dan kadang muntah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Seamat siang, IP.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bengkak pada seluruh tubuh atau dalam istilah medis disebut edema adalah suatu pembengkakan pada tubuh akibat dari adanya penumpukan cairan di jaringan. Penyebab dari edema ini bermacam-macam seperti infeksi, proses peradangan, masalah jantung, sirosis, atau masalah kesehatan lainnya.

Adapun tanda dan gejala edema adalah sebagai berikut:

  • Bengkak terjadi pada jaringan bawah kulit
  • Lokasi tersering di kaki, pergelangan kaki, tangan, atau pada tubuh
  • Pada area yang edema, kulit tampak mengkilat
  • Apabila edema di tekan, maka aka timbul cekungan yang disebut dengan istilah pitting edema
  • Perut yang membesar
  • Rasa nyeri yang menyebabkan terbatasnya gerak tubuh

Terkait dengan keluhan Anda, harus dipastikan terlebih daulu penyebab adanya edema dengan pemeriksaan fisik oleh dokter. Sedangkan utnuk keluhan mual dan muntah bisa disebabkan adanya masalah pada organ pencernaan, speerti pada peningkatan asam lambung. 

Untuk sementara, tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara tetap berusaha makan teratur, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari makanan pedas dan asam, serta hindari juga kopi agar tidak mengingkatkan asam lambung.

Jika keluhan dirasakan semakin memberat, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sesuai, sehingga didapatkan tata laksana yang tepat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak disertai dengan demam dan benjolan di leher yang disertai rasa sakit

Kelenjar Getah Bening Anak Bengkak? Mungkin Ini Biang Keroknya

Pada anak-anak, pembengkakan kelenjar getah bening adalah tanda sedang terserang penyakit. Kondisi ini ditandai dengan benjolan di leher, belakang kepala, ketiak, atau sekitar selangkangan.