Cara menghilangkan bekas luka terkena air panas

FL Info Penanya: FL, Wanita, 17 Tahun
Dok saya dulu pernah kena air panas lah waktu umur 1 tahun di wajah dan tangan saya, bekasnya masih ada hingga saya umur 17 tahun, gimana cara menghilangkan bekasny dok? Ini sudah dioperasi waktu saya umur 6 tahun dulu, bentuk lukanya seperti luka parut dan agak sedikit menghitam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FL,

Bekas luka ada beragam jenis dan bentuknya dimana beberapa dapat dihilangkan dengan penggunaan krim untuk menyaramarkan atau mencerahkan warna kulit sementara beberapa dapat menetap dan diperlukan tindakan lebih lanjut untuk menghilangkannya. 

Bekas luka bakar sendiri dipengaruhi oleh luas dan tingkat keparahannya dimana pada luka bakar yang lebih lanjut bisa merusak jaringan yang lebih dalam sehingga tidak jarang menimbulkan perubahan warna kulit dengan kulit di sekitarnya.

Apbabila ada jaringan paru dan berwarna kehitaman dapat timbul akibat luka bakar, keloid ataupun bekas luka operasi yang dilakukan dimana untuk menghilangkannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter kulit atau dokter spesialis bedah plastik untuk menentukan metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka seperti microdermabrasi, chemical peeling, ataupun jika diperlukan operasi untuk menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sejumlah kandungan pada minyak almond, termasuk vitamin E, berguna bagi kesehatan kulit.

Sudah Coba Essential Oil Ini, yang Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan?

Essential oil atau minyak atsiri, ternyata memiliki manfaat untuk membuat kulit sehat. Bahkan, essential oil pun kini menjadi alternatif pengobatan klinis. Selain harganya terjangkau, ada bahan essential oil yang mudah Anda dapatkan.