19 Dec 2020, 19:31Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka?

WU
Info Penanya: WU0
Gini dok jadi saya setiap ada yg gatel itu saya garuk nah pas saya garuk itu suka merah abis merah trs menghitam dok jdi gimana cara ngilangin bekas yg menghitam itu?
621 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo W,Bekas luka yang menghitam terjadi akibat kebiasaan menggaruk luka. Kulit yang menghitam ini disebut hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi karena produksi melanin yang meningkat,atau paparan sinar matahari.Bekas luka dapat dihilangkan dengan perawatan kulit mulai dari rutin menggunakan krim, peeling, mikrodermabrasi, hingga laser. Namun lamanya pengobatan dapat tergantung pada kondisi bekas luka, apakah luas, atau dalam, ataukan sudah mulai menipis karena terjadi pergantian kulit.Normalnya kulit selalu mengalami pergantian, sehingga bekas luka dapat memudar sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun proses ini dapat memakan waktu bertahun-tahun sehingga bagi beberapa orang bekas luka ini dapat sangat mengganggu jika tidak segera sembuh, maka dari itu diperlukan perawatan yang dapat mempercepat pengelupasan kulit dan regenerasi kulit.Rutin menggunakan tabir surya SPF 30, dan menggunakan pelembab juga dapat meringankan bekas hitam pada kulit. Namun jika Anda memutuskan untuk berobat ke dokter kulit, dokter mungkin akan melakukan perawatan seperti :
  • Chemical peeling (mempercepat pengelupasan kulit)
  • Laser (menguraikan melanin di bawah kulit)
  • Operasi skin draft, skin flap, Z plasty dan fat graft
  • Suntikan kortikosteroid
Menghilangkan bekas luka perlu waktu dan kesabaran karena tidak akan terlihat hasil dalam waktu singkatSalam sehatdr. Evelin Kwandang 
perawatan kulitkulit dan kecantikanmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil