Cara menghilangkan bekas luka kena air panas

AR Info Penanya: AR
Dok mau tanya obat untuk hilangkan bekas luka kena air panas obat apa ya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Luka karena air panas bisa dikategorikan sebagai luka bakar. Jika luka bakar tersebut baru terjadi maka perlu dilakukan perawatan luka sesuai berat ringannya luka yang terjadi dimana semakin berat maka bisa menimbulkan bekas luka yang dapat menetap. Tetapi jika luka bakar ringan dan tidak luas maka diharapkan tidak menimbulkan bekas luka.

Penanganan luka bakar sendiri tergantung dari berat ringannya luka bakar mulai dengan menyiram luka bakar dengan air bersih yang mengalir selama kurang lebih 15 menit, lalu bisa gunakan salep antibiotik, dan menutup luka bakar agar tetap bersih dan kering lalu segera periksakan pada fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk mencegah luka bakar atau menghilangkan bekas luka bakar dapat dilakukan beberapa cara seperti dapat menggunakan krim pelembap yang berfungsi untuk mencegah luka bakar mengeras dan menghindari penggunaan krim yang mengandung vitamin E dan vitamin A karena bisa membuat luka bakar semakin tampak. Jika sudah menimbulkan bekas maka perlu dilakukan penanganan baik melalui tindakan ataupun prosedur medis seperti perawatan laser, suntikan obat, menggunakan gel khusus untuk mengurangi bekas luka ataupun sampai memerlukan tindakan operasi jika luka bakar lebih berat.

Anda juga bisa memeriksakan dan berkonsultasi pada dokter kulit untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai gangguan kesehatan dari bermain kembang api

Punya Asma? Waspadai Bahaya Kembang Api Ini Bagi Kesehatan

Melewati tahun baru rasanya kurang pas tanpa kehadiran kembang api. Tetapi Anda perlu hati-hati, kembang api punya efek buruk bagi kesehatan. Ketahui bahaya bermain kembang api sekarang juga.