Cara menghilangkan bekas iritasi seperti bintik-bintik kecil merah

A Info Penanya: A, Wanita, 16 Tahun
Dok saya ingin bertanya. Jadi muka saya dulu sempat iritasi,trus saya udh coba hilangin dan ahamdulillah hilang merah-merahnya. Tapi ternyata msih ada bekasnya gitu kayak bintik-bintik kecil warna merah. Nah cara mnghilngkan bekas iritasi tersbut dngan baik gimna ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Iritasi pada wajah dapat dipicu oleh beragam penyebab seperti disebabkan oleh penggunaan produk pembersih wajah, penggunaan kosmetik, penggunaan obat tertentu, ataupun paparan bahan kimia lainnya. Untuk mengatasinya tentunya perlu menghentikan apa yang menjadi penyebabnya dan dilakukan penanganan baik menggunakan obat oles ataupun minum untuk meredakan iritasi atau peradangan pada kulit.

Jika setelahnya menimbulkan bekas luka atau bekas lain pada kulit maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk menentukan jenis bekas luka yang timbul sebelum nantinya diberikan penanganan baik obat untuk membantu menyamarkan bekas luka ataupun perawatan untuk menghilangkan bekas luka baik dengan chemical peeling, dermabrasi ataupun perawatan laser sesuai dengan kondisi kulit yang dialami. 

Upayakan mencari tahu apa penyebab iritasi dan hindari bahan yang mirip dengan pencetus iritasi tersebut, lakukan perawatan wajah dengan menggunakan tabir surya dan pelembap wajah, bersihkan riasan wajah setelah selesai digunakan hingga bersih, cuci muka menggunakan sabun yang ringan dan juga hindari menyentuh sering menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis dapat berpotensi menjadi kanker kulit

Waspadai Aktinik Keratosis pada Kulit Untuk Anda yang Sering Berjemur

Actinic keratosis terjadi saat kulit menjadi kasar pada wajah akibat paparan sinar UV dari matahari. Gejala yang muncul adalah bercak kulit yang berwarna kemerahan atau kecoklatan, kulit terasa gatal atau panas.