Cara menghilang tahi lalat di wajah

S1 Info Penanya: S1, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya,Bagaimana cara menghilang tahi lalat di wajah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

 

Tahi lalat adalah suatu bintil atau bercak kehitaman atau bercak kecoklatan yang melekat di atas permukaan kulit. tahi lalat biasanya timbul sejak manusia lahir. normalnya tahi lalat di tubuh berjumlah 10-40 buah. Tahi lalat pada umumnya bersifat jinak dan kadang-kadang ditemukan juga keganasan pada tahi lalat. 

Cara menghilangkan tahi lalat, yaitu:

  • Tindakanan pembedahan
    Tindakan pembedahan bisa dilakukan pada tahi lalat yang jinak dan ganas. Penghilangan tahi lalat hanya membutuhkan waktu yang singkat dan biasanya dilakukan secara rawat jalan. Dokter akan mematikan rasa pada area di sekitar tahi lalat dan kemudian mengangkatnya, bersama dengan pinggiran kulit yang sehat jika perlu. Prosedur ini dapat meninggalkan bekas luka permanen. 
  • Perawatan kosmetik
    Anda dapat mencoba menyamarkan tahi lalat dengan menggunakan make-up (concealer atau foundation). Jika ada rambut yang tumbuh dari tahi lalat, Anda bisa mencoba memotongnya di dekat permukaan kulit atau mencabutnya. Selain itu, diskusikanlah dengan dokter kulit tentang cara menghilangkan rambut dan tahi lalat secara permanen. 
  • Krioterapi
    Metode penghilangan tahi lalat ini dilakukan oleh dokter dengan menyemprot atau mengoleskan nitrogen cair super dingin dalam dosis kecil di area tahi lalat. Karena akan terasa sedikit sakit, dokter akan melakukan pembiusan dengan anestesi lokal terlebih dahulu. Prosedur penghilangan tahi lalat ini memang menyebabkan kulit bekas tahi lalat sedikit melepuh.

 

Jadi, ada 3 (tiga) cara untuk menghilangkan tahi lalat, sebelum anda memilih salah satu cara menghilangkan tahi lalat, sebaiknya anda konsultasikan ke spesialis kulit terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat,

 

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang tua dan guru bisa bantu hilangkan stigma buruk tentang anak dengan albinisme.

3 Tips Ampuh untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak dengan Albinisme (Albino)

Mendapatkan perlakuan yang berbeda dari lingkungan sekitar, bisa membuat anak dengan albinisme menjadi kurang percaya diri, saat ingin berkomunikasi dengan teman sebaya. Sebagai orangtua dan orang terdekatnya, Anda bisa lakukan ketiga tips ini untuk tingkatkan rasa percaya diri mereka.