Cara menghentikan konsumsi obat dexamethasone ?

PI Info Penanya: PI, Pria, 19 Tahun
Selamat siang, cara berhenti dari kecanduan obat dexamethason atau yang mengandung steroid itu bagaimana ya? kalau berhenti pusingnya minta ampun dan timbul penyakit2 lainnya. saya konsumsi untuk bronkitis.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak P,

 

Dexamethasone adalah golongan obat kortikosteroid. Dexamethasone digunakan untuk mengobati athritis, reaksi alergi, gangguan usus, kanker jenis tertentu, gangguan pernapasan serta mengurangi gejala seperti pembengkakan. Efek samping yang dapat ditimbulkan adalah badan terasa lemas, sakit kepala, kulit kering, nyeri ulu hati, nyeri sendi, nafsu makan meningkat, serta gangguan pola tidur. 

Untuk itu berhati-hati saat menggunakan obat tersebut, mengingat efek sampingnya yang banyak. Sebaiknya jangan hentikan pengobatan secara mendadak. Jika bapak mengonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu yang panjang, dokter akan melakukan 'tappering off' (dosis obat diturunkan secara perlahan dan bertahap kemudian dihentikan). 

Untuk berkonsultasi mengenai efek samping obat yang Bapak rasakan, sebaiknya Bapak dapat ke dokter agar dapat mendapatkan terapi yang sesuai.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab bronkitis adalah virus influenza dan bakteri

Kenali Penyebab Brokitis dan Bronkopneumonia, Sama atau Berbeda?

Bronkitis dan pneumonia disebabkan karena adanya infeksi di saluran pernapasan. Keduanya bisa memiliki gejala yang hampir sama yang kadang sulit dibedakan. Penyebab bronkitis adalah virus flu dan bakteri, sementara penyebab bronkopneumonia adalah bakteri pneumonia, zat kimia, dan jamur mikroplasma.