Cara menggunakan diafragma yang baik dan benar

QQ Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dokter.Saya mau tanya seputar diafragma..Saya masih pemula menjadi seorang penyanyi, apakah teknik saat bernyanyi menggunakan diafragma dengan cara perut tekan didalam..?Serta bagaimana cara menggunakan diafragma yang baik dan benar..?Terimakasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi QQ,

Melanjutkan pembahasan sebelumnya dengan topik yang sama di tautan ini.

Diafragma merupakan pemisah rongga perut dan rongga dada. Bernapas dengan diafragma bisa membantu paru-paru berkembang lebih maksimal sehingga udara dapat masuk lebih banyak. Untuk melatihnya bisa dengan berbaring terlentang dan satu tangan diletakkan di perut dan satu tangan lainnya di dada. Rasakan ketika mengambil napas dorong perut ke atas dan dorong perut ke bawah saat menghembuskan napas. Jika benar maka Anda akan merasakan tangan yang di dada tidak bergerak hanya tangan yang di perut yang bergerak selama bernapas dengan diafragma.

Untuk teknik lebih lanjut dan cara menggunakan diafragma saat bernyanyi perlu dikonsultasikan atau dilatih kepada pelatih vokal. Kami tidak bisa membantu lebih banyak mengenai hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

USG abdomen bertujuan mendiagnosis kondisi kesehatan tubuh lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan

Apa Itu USG Abdomen dan Bagaimana Prosedurnya Dilakukan?

USG abdomen adalah pemeriksaan untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan organ-organ utama dalam rongga perut. Agar tidak kaget saat harus menjalaninya, baiknya Anda membekali diri mengenai persiapan dan prosedur USG abdominal terlebih dulu.