Cara menggunakan diafragma yang baik dan benar

QQ Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dokter.Saya mau tanya seputar diafragma..Saya masih pemula menjadi seorang penyanyi, apakah teknik saat bernyanyi menggunakan diafragma dengan cara perut tekan didalam..?Serta bagaimana cara menggunakan diafragma yang baik dan benar..?Terimakasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi QQ,

Melanjutkan pembahasan sebelumnya dengan topik yang sama di tautan ini.

Diafragma merupakan pemisah rongga perut dan rongga dada. Bernapas dengan diafragma bisa membantu paru-paru berkembang lebih maksimal sehingga udara dapat masuk lebih banyak. Untuk melatihnya bisa dengan berbaring terlentang dan satu tangan diletakkan di perut dan satu tangan lainnya di dada. Rasakan ketika mengambil napas dorong perut ke atas dan dorong perut ke bawah saat menghembuskan napas. Jika benar maka Anda akan merasakan tangan yang di dada tidak bergerak hanya tangan yang di perut yang bergerak selama bernapas dengan diafragma.

Untuk teknik lebih lanjut dan cara menggunakan diafragma saat bernyanyi perlu dikonsultasikan atau dilatih kepada pelatih vokal. Kami tidak bisa membantu lebih banyak mengenai hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terlalu banyak berteriak maupun terlalu sering berbisik justru membuat tenggorokan terasa kering

Mudah Asal Konsisten, Ini 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Setelah menonton konser atau pergi karaoke dengan teman, biasanya keesokan hari tenggorokan terasa sakit dan suara menghilang. Mengatasi tenggorokan kering sangat krusial untuk melindungi pita suara dari iritasi dan masalah lainnya.