25 Dec 2020, 03:31Pernapasan

Apa manfaat nebulisasi atau terapi uap pada pasien asma ?

FN
Info Penanya: FN0
Dok, apabila alat uap hanya digunakan biasa tanpa obat itu bisa??? Kalaupun bisa, apa itu bisa membantu untuk meredakan gejala asma atau hidung tersumbat karena cuaca?. TerimaKasih
1028 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, FN.Kesulitan bernafas yang dirasakan baik pada anak-anak, maupun orang dewasa, dan lansia dapat diakibatkan oleh banyak faktor, antara lain masalah di jantung akibat jantung yang membengkak, infeksi paru-paru akibat virus corona, asma bronkiale, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) akibat merokok sejak lama, ataupun sumbatan pada hidung akibat polip hidung dan peradangan mukosa hidung.

Apa manfaat nebulisasi atau terapi uap pada pasien asma ?

Nebulisasi adalah proses memasukkan obat dalam bentuk uap ke saluran nafas. Nebulisasi ini dapat menggunakan alat nebulizer ataupun inhaler. Nebulisasi dilakukan pada orang dengan keluhan sulit bernafas karena penyempitan saluran nafas seperti pada serangan asma dan PPOK. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk melebarkan saluran nafas.Nebulisasi tanpa menggunakan obat yang dilakukan tidak memberikan manfaat apa-apa kepada pasien serangan asma. Penggunaan nebulisasi tanpa indikasi medis dan tanpa adanya obat juga dapat menyebabkan saluran nafas atas menjadi kering serta iritasi.

Bagaimana cara mengatasi serangan asma ?

Cara mengatasi serangan asma selain dengan terapi pemberian obat baik oral, maupun melalui nebulisasi adalah menghindari pencetus terjadinya asma, seperti debu, cuaca dingin, makanan maupun bulu binatang.Untuk itu selalu jaga kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan konsisten, makan makanan dengan gizi seimbang, kelola stress dengan baik, istirahat cukup minimal 7 hngga 8 jam agar imun tubuh dapat optimal dalam melawan virus dan bakteri yang masuk.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asmasesak napasppok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil