07 Mar 2021, 04:55Kandungan

Apakah menggugurkan kandungan tindakan ilegal?

AH
Info Penanya: AH0
Dok gimana ya cara menggugurkan kandungan dalam 1 bulan? Tapi pak'e cara yang alami saja dan efek nya tidak bertergantungan sama ibu nya?
157 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, AHTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan merupakan suatu kabar yang sangat ditunggu-tunggu pasangan suami istri yang sedang merencanakan memiliki momongan.  Kehamilan itu sendiri akan terjadi selama ada sperma yang membuahi sel telur. Keguguran adalah keluarnya gumpalan jaringan dan darah pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu.  Menggugurkan kandungan atau aborsi dilarang kecuali memiliki indikasi medis yang ditetapkan oleh dokter spesialis kandungan.

Indikasi pengecualian menggugurkan kandungan :

  • Adanya gangguan pada janin dari awal kehamilan seperti cacat janin yang berpotensi menyulitkan bayi untuk hidup saat dilahirkan.
  • Kehamilan yang terjadi karena perkosaan dan menimbulkan gangguan psikologis bagi korban yang dibuktikan dengan penyelidikan, keterangan psikolog.
Bila anda ingin menggugurkan kandungan dengan sengaja dengan niat karena takut maka termasuk pada tindakan ilegal dan dilarang sesuai pasal 75 dan 194 Undang-Undang Kesehatan yang berbunyi “setiap orang yang dengan sengaja melakukan aborsi dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 1 miliar rupiah."  Untuk itu berhati-hati dengan niat tidak baik anda, karena setiap manusia termasuk janin memiliki hak untuk hidup.  Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui perkembangan janin dan kesehatan ibu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat.dr. Farah
menjaga kehamilankehamilanabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil