Aborsi, apakah ada risikonya?

AK Info Penanya: AK, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya dan mohon bantuannya dok. Pertanyaan saya : bagaimana cara menggugurkan kandungan dengan cepat, alami dan efektif serta tuntas bersih?Usia kandungan sudah 4mingguan dok.Mohon bantuannya dok.Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Aborsi atau pengguguran kandungan adalah kondisi dikeluarkannya hasil konsepsi (embrio / calon janin) sebelum usia 20 minggu sebelum ia mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim. Abortus terdapat 2 jenis yaitu abortus provocatus medicinalis (suatu abortus yang legal dilakukan karena adanya indikasi medis tertentu yang dapat membahayakan ibu dan atau calon janin) dan abortus kriminalis (suatu abortus yang dilakukan atas keinginan sendiri padahal kehamilan tidak ada masalah dan bisa dilanjutkan). 

Keputusan untuk melakukan tindakan aborsi tentunya tidak mudah baik bagi ibu, ataupun bagi calon ayah dari janis tersebut. Hal ini dikarenakan, risiko yang dapat membahayakan kesehatan bahkan mengancam nyawa. 

Adapun beberapa risiko yang bisa terjadi ketika dilakukan abortus adalah:

  • Adanya kerusakan pada rahim dan atau pada leher rahim
  • Terjadi perdarahan hebat
  • Adanya sisa jaringan pada rahim
  • Adanya infeksi pada rahim
  • Adanya konidisi medis lain pada organ reproduksi wanita yang dapat mempengaruhi kehamilan berikutnya

Tindakan aborsi dilarang oleh negara berdasarkan undang-undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Reproduksi. Jika Anda menginginkan tindakan aborsi sebaiknya pikirkan kembali tindakan tersebut. Selain itu, diskusikan dengan keluarga dan periksakanlah ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mengetahui kondisi janin Anda. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AK
08 Aug 2020, 20:48
Terima Kasih atas jawabannya dokter.Tapi mohon maaf saya tetap akan melakukan aborsi dokter.Kira-kira cara apa yang dapat saya lakukan dokter agar saya bisa gugur dengan cepat dan aman serta besih??Terima Kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
09 Aug 2020, 08:49
Selamat pagi AK,
Tindakan aborsi atau menggugurkan kandungan tidak dapat dilakukan terlebih dilakukan sendiri apapun alasannya karena dapat menimbulkan risiko dan bahaya. Kami pun tidak akan membantu menyarankan cara untuk melakukan aborsi karena merupakan pelanggaran UU Kesehatan no 36 tahun 2009 yang memiliki ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilihan obat penguat kandungan yang bagus di apotek harus ditebus dengan resep dokter

3 Obat Penguat Kandungan Agar Kehamilan Tetap Berjalan Sehat

Obat penguat kandungan biasanya diresepkan untuk mencegah keguguran berulang. Apa saja jenis obatnya? Seberapa efektif untuk mencegah keguguran?