07 Feb 2021, 21:33Pernapasan

Apa saja ciri-ciri COVID-19?

MC
Info Penanya: MC0
Maaf maau tanya suami saya usia 22th akhir akhir ini merasakan geliyengan, batuk tapi kering terkadang jika menelan ludah juga sakit tenggorokan, tidak ada perasa di lidah, nafas agak berat maaf apa ini ciri ciri covid 19? Dan apa yang harus dilakukan ?
320 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, M.COVID-19 adalah penyakit infeksi virus yang saat ini menjadi pandemi di berbagai negara dunia, termasuk Indonesia. Gejala COVID-19 berbeda-beda pada setiap individu, tergantung kekebalan tubuh. Namun, secara umum, gejala yang ditimbulkan adalah demam, batuk kering, kehilangan penciuman dan pengecapan, serta sesak napas. Mengenai gejala-gejala yang suami Anda rasakan, kemungkinan besar memang mengarah ke COVID-19, terutama apabila suami masih sering beraktivitas di luar rumah karena tuntutan pekerjaan. Untuk itu, disarankan agar secepatnya melakukan swab test guna penegakkan diagnosis.Sambil menunggu hasil swab, lakukan isolasi mandiri dan selalulah menggunakan masker, menjaga jarak dengan anggota keluarga lain, dan tetap rutin mencuci tangan. Usahakan berpisah kamar tidur, toilet, alat makan, dan lain-lain.Dianjurkan juga agar suami Anda meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara:
  • mengonsumsi makanan bergizi, terutama sayur dan buah-buahan
  • minum air putih yang cukup
  • melakukan aktivitas ringan 30 menit per hari
  • berjemur matahari 15-45 menit pada pagi hari
  • kelola stres
  • konsumsi suplementasi apabila dibutuhkan, yaitu vitamin B, C, D, E, zinc, dan probiotik
Apabila hasilnya positif, maka pantaulah gejala suami Anda. Segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjutan apabila timbul sesak napas berat atau penurunan kesadaran. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil