28 Jun 2021, 13:50Kandungan

Cara mengetahui anak laki laki atau perempuan saat hamil

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, apakah ada cara untuk mengatahui anak laki laki atau perempuan saat di dalam kandungan?
236 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Sl.Kehamilan menjadi sesuatu yang sangat berharga dan dinanti oleh setiap pasangan yang melakukan berbagai cara, usaha dan tak lupa doa untuk mendapatkan buah hati. Tetapi di satu sisi banyak pula pasangan yang sedih dan menolak kehamilan yang ada, bahkan mencoba untuk menggugurkan kandungan.

Cara mengetahui anak laki-laki atau perempuan di kandungan

Sebagian pasangan menerima apapun jenis kelamin janin yang diberikan Tuhan. Namun ada pula pasangan yang sangat menginginkan jenis kelamin tertentu karena anak sebelumnya sudah berjenis kelamin peremuan atau laki-laki. Namun apakah ada cara mengetahui anak laki-laki atau perempuan di kandungan ?Jawabannya dengan USG kehamilan sejak usia kandungan 14 minggu, namun waktu yang paling disarankan untuk USG usia kandungan sekitar 18 sampai 21 minggu. Selain itu pemeriksaan jenis kelamin janin bisa menggunakan teknik non invasive prenatal test (NIPT) dengan tes darah untuk melihat kelainan kromosom, DNA janin serta jenis kelamin. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu amniosintesis dan chorionic villus samping (CVS).

Mitos menenntukan anak laki laki atau perempuan saat hamil

Anda dapat memilih salah satu cara di atas. Namun ada pula beberapa mitos yang dipercaya dapat menentukan jenis kelamin anak laki-laki atau perempuan di kandungan antara lain besarnya ukuran perut ibu hamil, ngidam makanan tertentu, tumbuhnya jerawat dan kulit wajah ibu yang terlihat lebih kusam dibanding sebelum hamil. Ini semua tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan jangan dipercaya mentah-mentah. Konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan jaga kesehatan ibu serta janin ya. Jangan lupa untuk konsumsi vitamin terutama asam folat, calsium, zat besi, makanan bergizi, olahraga, senam hamil, dan istirahat yang cukup.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
nutrisi ibu hamilolahraga ibu hamilusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil